Kamis, 28 November 2013

Yen Sentuh 6 Bulan Terendah terhadap Dollar Akibat Sinyal Pemulihan Ekonomi AS

Pada sesi perdagangan di Asia hari ini nilai tukar yen tampak sempat mengalami penurunan tajam hingga mencapai posisi paling rendah dalam dalam enam bulan belakangan (28/11). Melemahnya yen tersebut merupakan imbas dari sinyal membaiknya kondisi ekonomi di Amerika Serikat. Hal tersebut mengakibatkan mata uang dari AS cenderung bergerak menguat terhadap rival dari Jepang.
Yen sebagai mata uang safe haven cenderung dicari saat kondisi ekonomi global memburuk. Jika situasi ekonomi mulai membaik, mata uang safe haven akan ditinggalkan karena investor lebih memilih untuk mencari instrument investasi yang menghasilkan imbal hasil yang lebih tinggi.
Beberapa data yang dirilis dari Amerika Serikat menunjukkan kondisi yang positif. Tadi malam data klaim pengangguran pekan lalu mengalami penurunan sebesar 10,000 menjadi 316,000 dari pekan sebelumnya.
Hari ini yen terpantau berada pada posisi 102.04 per dollar AS. Yen sempat mengalami penurunan hingga ke level 102.28 per dollar yang merupakan posisi paling tinggi sejak tanggal 29 Mei lalu. Pada penutupan perdagangan dini hari tadi yen berada di level 102.16 per dollar AS.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan yen terhadap dollar pada perdagangan hari ini akan cenderung masih berada di teritori positif. Untuk hari ini mata uang Jepang tersebut diperkirakan akan bergerak pada kisaran 101.80 – 102.30 dollar AS.
Workshop SIMPRO

0 komentar:

Posting Komentar