Kamis, 14 November 2013

Dolar AS Didukung Oleh Ekspektasi Tapering

Dolar AS naik terhadap euro dan bertengger mendekati ketinggian dua bulan terhadap yen pada hari Rabu setelah seorang anggota berpengaruh dari the Federal Reseve membuka pintu terbuka untuk pengurangan dalam stimulus moneter pada bulan Desember.
Presiden Fed Atlanta Dennis Lockhart yang dipandang sebagai pusat dari kebijakan berkata pada hari Selasa bahwa pemotongan terhadap operasi pembelian obligasi di bulan Desember masih dimungkinkan.
Perhatian sekarang berada pada komentar dari calon presiden Fed, Janet Yellen yang akan di buat pada dengar konfirmasi Senat pada hari Kamis besok.
Euro tergelincir ke $1,3430 di perdagangan waktu Eropa, dari ketinggian $1.34535 di perdagangan sesi Asia. Namun masih diatas kerendahan dua bulan di $1.3295 yang terjadi segera sesudah ECB memangkas tingkat suku bunga acuannya pada hari Kamis minggu yang lalu dalam suatu gerakan yang mengejutkan.
“Angka inflasi Spanyol sedikit dibawah angka sebelumnya yang menunjukkan ECB akan harus mengambil langkah pelonggaran yang baru,” kata Alvin Tan, ahli strategi matauang di Societe Generale.
“Kita tidak berpikir euro akan jatuh tajam terhadap dolar AS kecuali kita mendapatkan lebih banyak tanda bahwa the Fed akan mulai melakukan tapering. Untuk itu, dengar konfirmasi Yellen akan sangat penting untuk arah dolar AS dalam jangka pendek.”
Dolar AS melemah 0.1% menjadi 99.52 yen, tidak jauh dari ketinggian dua bulan di 99,80 yen yang terjadi pada hari Selasa. The greenback juga masih naik 0.4% sebegitu jauh pada minggu ini, dengan kekuatan yang berasal dari naiknya tingkat imbal hasil dari obligasi AS.
Tingkat bunga obligasi yang lebih tinggi cenderung memberikan pengaruh yang positip terhadap dolar AS dengan membuat hutang yang berdenominasi dolar lebih menarik bagi investor.
Sementara itu Sterling 0.1% lebih rendah dan berada pada $1.5887, setelah mengalami dua bulan terendah di $1,5854 pada hari Selasa setelah angka inflasi yang lebih rendah dari yang di perkirakan sebelumnya. (ja/JA/vbn)
Mau ikut Training / Workshop Gabung aja ke Vibiz Learning
Workshop SIMPRO

0 komentar:

Posting Komentar