Selasa, 12 November 2013

Euro Turun Sedikit; Pasar Fokus ke Pengumuman Pertumbuhan Ekonomi Kawasan Euro

Mata uang euro pada sesi perdagangan hari ini terpantau cenderung mengalami pelemahan terhadap dollar AS (12/11). Mata uang euro tersebut bergerak turun setelah pada perdagangan kemarin membukukan kenaikan terhadap rival utamanya tersebut.
Melemahnya euro hari ini terjadi menjelang rilis data pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga di kawasan dengan 17 negara anggota tersebut. Pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga diperkirakan akan melambat, memberikan konfirmasi bahwa langkah ECB untuk menurunkan suku bunga acuan pekan lalu adalah tepat.
Pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga lalu diperkirakan berada di level 0.1 persen. Laporan pertumbuhan ekonomi ini akan diumumkan tanggal 14 November mendatang. Pada kuartal kedua lalu pertumbuhan ekonomi kawasan euro mencapai angka 0.3 persen.
Pekan lalu Mario Draghi dan para koleganya memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan di kawasan euro sebesar 25 bps. Saat ini suku bunga berada di level 0.25 persen dan merupakan posisi paling rendah sepanjang sejarah.
Hari ini mata uang euro terpantau berada pada posisi 1.3398 dollar. Posisi euro ini melemah sedikit setelah dini hari tadi ditutup pada posisi 1.3407 dollar. Kemarin euro bergerak menguat dengan cukup signifikan terhadap dollar AS.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar euro terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami penurunan lanjutan. Hari ini indeks mata uang tersebut diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1.3360 – 1.3430 dollar AS.
(ia/JA/vbn)
Mau ikut Training / Workshop Gabung aja ke Vibiz Learning
Workshop SIMPRO

0 komentar:

Posting Komentar