Kamis, 07 November 2013

Pola Pergerakan Euro Naik Terbatas; Investor Tunggu Hasil Rapat ECB

Pada perdagangan sesi Asia hari ini mata uang euro terpantau mengalami pergerakan yang terbatas (07/11). Euro berusaha mempertahankan kenaikannya yang terjadi pada perdagangan kemarin jelang pengumuman kebijakan moneter dan suku bunga acuan di kawasan euro oleh ECB malam nanti.
Kemarin euro bergerak naik terbatas setelah keluar dari pesanan pabrik Jerman yang mengalami kenaikan tajam melebihi ekspektasi di bulan September lalu. Tercatat pesanan pabrik di negara ekonomi terbesar di Eropa tersebut mengalami kenaikan 3.3 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Kenaikan ini lebih dari lima kali lipat ekspektasi yang hanya mengharapkan terjadi kenaikan 0.6 persen.
Hari ini pasar fokus pada pengumuman kebijakan moneter dan penetapan suku bunga ECB. Para pelaku pasar memperkirakan bahwa ECB tidak akan menurunkan suku bunga acuannya pada pengumuman hari ini. Hal tersebut membuat para pelaku pasar masih bertahan dengan euro.
Hari ini euro sendiri sempat turun tipis ke level 1.3500 dollar. Euro kembali naik terbatas ke level 1.3517 dollar AS, level yang nyaris stagnan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di 1.3513 dollar AS.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar euro terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini berpotensi untuk mengalami kenaikan terbatas. Jika ECB mengeluarkan proyeksi yang baik untuk ekonomi ke depan, euro berpotensi untuk melanjutkan kenaikannya. Untuk hari ini pada sesi Asia pergerakan euro diperkirakan  masih terbatas dan akan berada pada kisaran 1.3470 – 1.3550 dollar AS.
(ia/JA/vbn)                                                                                                               
Mau ikut Training / Workshop Gabung aja ke Vibiz Learning
Workshop SIMPRO

0 komentar:

Posting Komentar