Rabu, 11 Desember 2013

Yen Menguat 2 Hari Berturut-turut Setelah Capai 6.5 Bulan Terendah

Nilai tukar yen Jepang terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini terpantau kembali mengalami penguatan (11/12). Mata uang Jepang tersebut menguat untuk dua hari berturut-turut terhadap dollar setelah pada perdagangan kemarin sempat mengalami penurunan tajam hingga mencapai posisi paling rendah dalam 6.5 bulan belakangan.
Mata uang yen Jepang tampak menguat setelah capai level 103 per dollar. Menguatnya yen ini disebabkan oleh kekhawatiran mengenai terus turunnya rating popularitas Shinzo Abe. Dalam setahun belakangan yen telah mengalami penurunan sebesar 19 persen.
Perdana Menteri Shinzo Abe berupaya untuk merevitalisasi ekonomi Jepang melalui program pelonggaran moneter dan fiskal serta reformasi secara structural. Akan tetapi saat ini rating persetujuan terhadap pemerintahan Abe tersebut melorot ke bawah 50 persen sehingga menimbulkan kekhawatiran bahwa kelanjutan program-program Abe tersebut tidak akan terlaksana sesuai rencana.
Hari ini mata uang yen Jepang terpantau mengalami kenaikan ke posisi 102.69 per dollar AS. Posisi yen tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangannya dini hari tadi yang ada di level 102.84 per dollar. Kemarin yen tampak sempat mengalami penurunan hingga mencapai posisi 103.39 per dollar yang merupakan posisi paling rendah sejak Mei 2013 yang lalu.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar yen Jepang terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung melanjutkan kenaikannya. Untuk hari ini yen diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 102.30 – 103.00 per dollar AS.
(ia/JA/vbn)                                                        
Workshop SIMPRO

0 komentar:

Posting Komentar