Senin, 23 Desember 2013

Yen Bergerak Terbatas, Pola Pergerakan Masih Bearish

Pada perdagangan hari ini mata uang yen Jepang tampak masih bergerak terbatas terhadap dollar AS (23/12). Yen cenderung naik lagi, melanjutkan peningkatan yang terjadi pada perdagangan Jumat pekan lalu. Kenaikan yen ini disebabkan oleh rebound teknikal setelah pada perdagangan Jumat tersebut mata uang Jepang ini sempat melempem hingga mencapai posisi paling rendah dalam 5 tahun belakangan.
Para pelaku pasar tampak cenderung merealisasikan keuntungan atas pair dollar-yen untuk sementara. Mata uang yen masih berada dalam pola bearish yang kuat untuk jangka panjang dan diperkirakan masih akan mengalami penurunan lanjutan pada kuartal pertama tahun 2014.
Perbedaan arah kebijakan bank sentral AS dan Jepang menjadi faktor yang berpotensi untuk mendorong yen kembali melemah. Fed telah melakukan pengetatan moneter dengan pengurangan program pembelian obligasi. Sementara itu BOJ justru diperkirakan akan kembali melonggarkan kebijakan moneternya jelang penetapan peningkatan pajak penjualan.
Hari ini nilai tukar yen terpantau berada pada posisi 104.05 per dollar. Posisi mata uang Jepang tersebut tampak flat dibandingkan dengan penutupan perdagangan akhir pekan lalu. Pada perdagangan Jumat yen sempat anjlok tajam hingga mencapai posisi 104.64 per dollar AS.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar yen terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami peningkatan terbatas. Untuk hari ini mata uang tersebut diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 103.80 – 104.30 per dollar.
(ia/JA/vbn)                                                        
Workshop SIMPRO

0 komentar:

Posting Komentar