Kamis, 12 Desember 2013

Yen Bergerak Melemah Sedikit, Potensi Menguat Masih Cukup Kuat

Mata uang yen Jepang tampak bergerak retreat terbatas pada sesi perdagangan Kamis pagi ini terhadap dollar AS (12/12). Yen yang menguat untuk dua hari berturut-turut hingga perdagangan kemarin, pagi ini tampak mengalami koreksi. Para pelaku pasar menghentikan aksi jual dollar untuk yen di tengah kekhawatiran mengenai kemungkinan tapering dalam waktu dekat. Saat ini para pelaku pasar masih fokus kepada hasil pertemuan Fed yang akan dilakukan tanggal 17 – 18 Desember mendatang.
Melemahnya yen hari ini terjadi di tengah kondisi dollar AS yang sedang relatif terangkat. Mata uang AS tersebut menguat di tengah spekulasi bahwa persetujuan anggaran di Amerika Serikat akan mendorong prospek tapering Fed dengan lebih cepat.
Meskipun demikian retreat yang dialami oleh yen hari ini tampaknya masih belum bisa dikatakan berkesinambungan. Mata uang Jepang tersebut masih dibayangi oleh kemungkinan kembali menguat.
Hari ini yen terpantau berada pada posisi 102.52 per dollar AS. Posisi yen mengalami penurunan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di level 102.42 per dollar AS.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan mata uang yen terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami pergerakan yang melemah terbatas, dengan kemungkinan kembali terjadinya kenaikan. Untuk hari ini mata uang yen diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 102.20 – 102.80 per dollar AS.
Workshop SIMPRO

0 komentar:

Posting Komentar