Senin, 02 Desember 2013

Aussie Menguat Ditopang Kenaikan PMI Manufaktur China

Pada perdagangan hari ini tampak nilai tukar aussie mengalami kenaikan yang signifikan terhadap dollar AS (02/12). Mata uang Australia tersebut rally setelah sempat mencapai posisi paling rendah dalam tiga tahun belakangan terhadap dollar pada sesi perdagangan akhir pekan lalu. Kenaikan aussie tersebut didorong oleh rilis data PMI manufaktur China yang mengalami kenaikan pada bulan November yang lalu.
PMI manufaktur resmi dari Biro Pusat Statistik China yang dirilis hari Minggu kemarin menunjukkan bahwa di bulan November mencapai angka 51.4 poin. Indeks ini sama dengan yang terjadi di bulan Oktober sebelumnya. Para analis sebelumnya memperkirakan bahwa indeks akan melambat sedikit di level 51.2 poin.
Sementara itu indeks aktivitas manufaktur final dari HSBC juga menjukkan percepatan pertumbuhan. Tercatat PMI final tersebut berada di level 50.8 poin pada bulan November. Angka ini berada di atas level yang terjadi pada bulan Oktober yaitu 50.4 poin. Angka ini juga melampaui estimasi yang berada di level 50.5 poin.
Hari ini aussie terpantau berada di 0.9149 dollar AS. Aussie melejit kencang dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangannya akhir pekan lalu yang ada di level 0.9108 dollar. Hari ini aussie bahkan sudah sempat mengalami kenaikan ke level 0.9164 dollar yang merupakan posisi paling tinggi sejak tanggal 26 November yang lalu.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan mata uang aussie tersebut akan cenderung tertahan dan berpotensi retreat pada hari ini. Mata uang ini diperkirakan akan berada pada kisaran 0.9070 – 0.9160 dollar.
(ia/JA/vbn)

Workshop SIMPRO

0 komentar:

Posting Komentar