Rabu, 11 Desember 2013

Dollar Kanada Menguat 4 Hari Berturut-turut terhadap Dollar AS Didukung Kenaikan Harga Komoditas

Pada sesi perdagangan hari ini mata uang dollar Kanada atau biasa disebut loonie tampak mengalami peningkatan untuk empat hari berturut-turut (11/12). Kenaikan mata uang Kanada tersebut merupakan fase peningkatan terpanjang sejak bulan September lalu. Menguatnya loonie didorong oleh kenaikan harga komoditas minyak mentah yang mencapai level tertinggi dalam enam minggu dan menjadi pimpinan kenaikan harga-harga komoditas lainnya.
Kanada merupakan negara yang ekonominya bergantung erat kepada kinerja ekspor komoditas. Komoditas unggulan dari negara ini adalah minyak mentah sehingga menguatnya harga minyak mentah mendorong kenaikan mata uang dari negara tersebut.
Mata uang dollar Kanada sempat mengalami penurunan tajam hingga mencapai posisi paling rendah dalam tiga tahun belakangan terhadap dollar AS pada perdagangan pekan lalu. Anjloknya loonie terjadi setelah Bank of Canada memperingatkan bahwa inflasi di negara tersebut berada jauh di bawah target kisaran terendahnya. Ini menimbulkan ekspektasi bahwa suku bunga acuan masih akan dipertahankan di level rendah.
Pada perdagangan hari ini loonie terpantau berada pada posisi 1.0604 per dollar AS. Posisi tersebut nyaris stagnan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di level 1.0602 per dollar. Kemarin loonie menguat ke level 1.0601 per dollar yang merupakan posisi tertinggi sejak tanggal 29 November yang lalu.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar dollar Kanada terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung melanjutkan kenaikannya. Untuk hari ini mata uang Kanada diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1.0580 – 1.0640 per dollar AS.
(ia/JA/vbn)                                                        

0 komentar:

Posting Komentar