Rabu, 04 Desember 2013

Aussie Terpukul ke 3 Bulan Terendah Imbas Melambatnya Pertumbuhan Ekonomi Australia

Pada sesi perdagangan di Asia hari ini nilai tukar mata uang aussie terhadap dollar AS mengalami penurunan tajam (04/12). Mata uang Australia tersebut melemah hingga mencapai posisi paling rendah dalam tiga bulan setelah data dari pemerintah Australia menunjukkan bahwa pada kuartal ketiga lalu pertumbuhan ekonomi lebih rendah dibandingkan dengan estimasi.
Pertumbuhan ekonomi di Australia untuk kuartal ketiga lalu hanya sebesar 0.6 persen (q/q). Pertumbuhan ini melambat dibandingkan kuartal kedua sebelumnya yang berhasil mencapai pertumbuhan kuartalan sebesar 0.7 persen.
Sementara itu pertumbuhan tahunan juga mengalami perlambatan menjadi 2.3 persen dari kuartal kedua yang mencapai 2.4 persen. Pertumbuhan tahunan ini berada di bawah harapan yaitu sebesar 2.6 persen.
Nilai tukar aussie terpantau berada pada posisi 0.9066 dollar pagi ini. Mata uang tersebut melemah dengan signifikan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di level 0.9137 dollar. Aussie sempat mengalami penurunan hingga ke level 0.9045 dollar yang merupakan posisi paling rendah sejak tanggal 4 September lalu.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan mata uang dollar Australia pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami penurunan lanjutan terhadap dollar AS. Indeks Nilai tukar aussie diperkirakan bakal bergerak pada kisaran 0.9000 – 0.9100 dollar AS.
Workshop SIMPRO

0 komentar:

Posting Komentar