Rabu, 11 Desember 2013

Analisis Fundamental Dollar AS, Dalam Tekanan

Pada perdagangan hari ini mata uang franc Swiss atau biasa disebut swissie tampak mengalami pergerakan yang cenderung sideways dan berupaya untuk melanjutkan kenaikannya terhadap dollar AS (11/12). Swissie pada perdagangan kemarin mengalami kenaikan signifikan hingga mencapai posisi paling tinggi dalam lebih dari 2 tahun terhadap dollar AS.
Mata uang Swiss tersebut mengalami kenaikan tajam menjelang pengumuman kebijakan moneter dari bank sentral Swiss atau SNB. Bank sentral akan mengumumkan kebijakannya pada hari Kamis besok.
Sementra itu data ekonomi di Swiss menunjukkan kondisi yang solid. Ekonomi di Swiss pada kuartal ketiga lalu mengalami ekspansi sebesar 0.5 persen. Ekspansi tersebut jauh melampaui ekspansi ekonomi kawasan euro yang hanya sebesar 0.1 persen. Sementara itu laporan inflasi yang dirilis pekan lalu menunjukkan bahwa di bulan November untuk pertama kalinya sejak September 2011 terjadi inflasi tahunan.
Faktor-faktor fundamental tersebut membuat mata uang swissie cenderung bergerak menguat hari ini. Terpantau swissie berada pada posisi 0.8874 per dollar AS, nyaris flat dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di level 0.8875 per dollar. Kemarin swissie tampak mengalami peningkatan hingga ke posisi 0.8851 per dollar yang merupakan posisi paling tinggi sejak November 2011.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar franc Swiss terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung melanjutkan kenaikannya. Untuk hari ini mata uang Swiss diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 0.8840 – 0.8900 per dollar AS.
(ia/JA/vbn)                                                        
Workshop SIMPRO

0 komentar:

Posting Komentar