Kamis, 05 Desember 2013

Euro Masih di Kisaran 1 Bulan Tertinggi Jelang Penetapan Suku Bunga ECB

Nilai tukar euro pada perdagangan hari ini tampak berada di kisaran level tertinggi dalam satu bulan belakangan terhadap dollar AS (04/12). Euro tampak bergerak sedikit saja dari level penutupan perdagangan dini hari tadi. Mata uang ini tampaknya berusaha untuk kembali menguat terhadap dollar menjelang pertemuan ECB yang akan dilakukan besok. Penetapan suku bunga acuan di kawasan euro akan dilakukan Kamis besok.
Pergerakan euro terhadap dollar tampaknya masih berada dalam bias menguat. Para pelaku pasar memperkirakan bahwa ECB masih akan mempertahankan suku bunga di level 0.25 persen pada akhir pertemuan para petingginya besok. Saat ini ECB tidak berada dalam tekanan untuk melakukan pelonggaran moneter lebih jauh.
Mata uang euro pada sesi perdagangan hari ini terpantau berada pada posisi 1.3588 dollar AS. Mata uang tunggal dari 17 negara tersebut tampak nyaris flat dibandingkan penutupan perdagangan dini hari tadi yang berada di level 1.3589 dollar AS. Pada tanggal 29 November atau Jumat pekan lalu euro mengalami peningkatan hingga ke level 1.3622 dollar yang merupakan posisi paling tinggi sejak tanggal 31 Oktober lalu.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan mata uang euro pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami penurunan lagi terhadap dollar AS. Nilai tukar euro diperkirakan bakal bergerak pada kisaran 1.3550 – 1.3620 dollar AS.
(ia/JA/vbn)                                                                    
Workshop SIMPRO

0 komentar:

Posting Komentar