Rabu, 30 Oktober 2013

Rally Dollar Picu Penurunan Harga Emas

Pada akhir perdagangan dini hari tadi harga emas terpantau mengalami penurunan yang cukup signifikan (29/10). Harga komoditas logam mulia ini akhirnya ditutup negatif setelah gagal untuk kembali mencapai level tertinggi dalam 5 minggu. Rally dollar yang terjadi tadi malam mengakibatkan terkikisnya permintaan terhadap logam mulia.
Nilai tukar dollar terhadap rival-rival utamanya mengalami peningkatan dan mencapai posisi paling tinggi dalam 1 minggu seiring dengan dimulainya rapat para petinggi The Fed. Sementara itu harga-harga barang grosir secara tidak terduga mengalami penurunan di bulan September. Ini mengakibatkan turunnya minat terhadap emas sebagai sarana hedging terhadap inflasi. Sementara itu harga minyak mentah yang tergerus juga menjadi faktor yang mengakibatkan terpukulnya harga emas.
Tadi malam The Fed memulai sesi perundingan untuk mementukan kebijakan moneternya ke depan. Nanti malam Fed akan mengumumkan bagaimana kebijakan moneter selanjutnya. Diperkirakan hasil perundingan tersebut masih akan menunjukkan bahwa Fed mempertahankan besaran program pemberlian obligasi bulanan senilai 85 miliar dollar per bulan.
Harga emas spot LLG pada akhir perdagangan dini hari tadi tampak ditutup pada posisi 1344.95 dollar per troy ons. Harga emas spot LLG di akhir perdagangan dini hari tadi membukukan penurunan sebesar 7.50 dollar dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.
Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember tampak mengalami penurunan sebesar 0.5 persen dan ditutup pada posisi 1345.50 dollar per troy ons. Kemarin harga emas berjangka sempat menguat ke posisi 1361.80 dollar, tertinggi sejak tanggal 20 September.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG masih berpotensi untuk mengalami kenaikan meski hari ini akan terbatas. Untuk sementara ini harga emas diperkirakan akan bergerak di kisaran 1345 – 1360 dollar per troy ons.
(IA/JA/vbn)                                                                              
Mau ikut Training / Workshop Gabung aja ke Vibiz Learning
Workshop SIMPRO

0 komentar:

Posting Komentar