Selasa, 29 Oktober 2013

Aussie Terhantam Pernyataan Dovish Gubernur RBA

Pada perdagangan sesi Asia hari ini mata uang aussie tampak mengalami penurunan tajam terhadap rival-rival utamanya, termasuk dollar AS (29/10). Melemahnya aussie hari Selasa pagi ini terjadi setelah Gubernur RBA mengatakan bahwa mata uang aussie diperkirakan akan bergerak melemah untuk sementara waktu. Melempemnya aussie juga tidak lepas dari sentimen negatif yang berkembang di bursa saham Asia hari ini.
Dollar Australia melemah terhadap 16 rivalnya hari ini. Aussie tergerus akibat lesunya perdagangan di bursa-bursa saham kawasan Asia. Bursa saham Jepang hingga Korea Selatan tampak mengalami kelesuan seiring dengan jatuhnya indeks berjangka S&P 500 pada sesi perdagangan elektronik di Asia.
Gubernur RBA Glenn Stevens mengatakan bahwa aussie tidak didukung oleh biaya dan produktivitas dalam ekonomi dan kemungkinan akan bergerak lebih rendah dari level saat ini. Pernyataan Stevens ini bagaikan bensin yang disiram dan membumihanguskan aussie.
Hari ini aussie melemah tajam ke posisi 0.9520 dollar. Posisi aussie tersebut mengalami penurunan dibandingkan dengan penutupan perdagangan dini hari tadi yang berada di level 0.9573 dollar. Aussie pagi ini sempat melemah hingga 0.9516 dollar yang sekaligus merupakan posisi paling rendah sejak tanggal 16 Oktober lalu.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan mata uang dollar Australia ini masih berpotensi untuk mengalami penurunan lanjutan. Untuk sementara ini nilai tukar mata uang ini diperkirakan akan bergerak di kisaran 0.9450 – 0.9700.
Mau ikut Training / Workshop Gabung aja ke Vibiz Learning
Workshop SIMPRO

0 komentar:

Posting Komentar