Kamis, 31 Oktober 2013

Aussie Menguat Imbas Positifnya Data Ekonomi Australia

Mata uang aussie terpantau mengalami rebound terhadap dollar AS pada sesi perdagangan Kamis pagi (31/10). Mata uang Australia ini mengalami peningkatan seiring dengan sentimen positif yang datang dari rilis data ekonomi dalam negeri. Beberapa data ekonomi yang dirilis pagi ini menunjukkan situasi yang cukup kondusif pada ekonomi Australia.
Data building approvals mengalami kenaikan tajam pada bulan September lalu. Tercatat terjadi kenaikan sebesar 14.4 persen dibandingkan bulan Agustus, jauh melampaui estimasi yang hanya mengharapkan terjadi kenaikan sebesar 2.9 persen.
Sementara itu harga impor di kuartal ketiga tampak mengalami peningkatan sebesar 6.1 persen dibandingkan kuartal sebelumnya. Kenaikan ini juga melampaui estimasi kenaikan sebesar 3.5 persen.
Kredit untuk sektor swasta dilaporkan mengalami peningkatan sebesar 0.3 persen di bulan Oktober dibandingkan bulan September. Kenaikan ini sedikit di bawah estimasi kenaikan sebesar 0.4 persen.
Aussie pagi hari ini terpantau berada pada posisi 0.9499 dollar. Posisi aussie tersebut menguat dibandingkan dengan level penutupan perdagangan dini hari tadi yang berada di 0.9483 dollar. Kemarin aussie sempat mengalami penurunan hingga ke posisi 0.9441 dollar yang merupakan posisi paling rendah sejak tanggal 14 Oktober lalu.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar aussie pada perdagangan hari ini akan mengalami kenaikan lanjutan. Sentimen positif tampak masih mendominasi pergerakannya. Untuk sementara aussie diperkirakan akan bergerak pada kisaran 0.9440 – 0.9550 dollar AS.
(ia/JA/vbn)
Mau ikut Training / Workshop Gabung aja ke Vibiz Learning
Workshop SIMPRO

0 komentar:

Posting Komentar