Jumat, 25 Juli 2014

Cukup Solidnya Data Flash PMI Manufaktur dan Jasa Angkat Kinerja Euro

Pergerakan nilai tukar euro terhadap dollar AS sore ini tampak mengalami rebound yang cukup signifikan (24/7). Mata uang tunggal dari 18 negara tersebut bergerak menguat setelah sempat anjlok hingga mencapai posisi paling rendah sejak bulan November yang lalu. Rebound nilai tukar euro tersebut terjadi setelah rilis data Flash PMI manufacturing dan non manufacturing di Perancis, Jerman dan keseluruhan kawasan euro menunjukkan kondisi yang cukup baik.
Flash manufacturing PMI di Perancis berada di level 47.6 poin, turun dari level di bulan sebelumnya yang ada di 48.2 poin. PMI sektor jasa mengalami kenaikan ke level 50.4 poin dari level bulan sebelumnya di 48.2 poin.
Flash manufacturing PMI di Jerman berada di level 52.9 poin, meningkat dari level di bulan sebelumnya yang ada di 52.0 poin. PMI sektor jasa mengalami kenaikan ke level 56.6 poin dari level bulan sebelumnya di 54.6 poin.
Flash manufacturing PMI di kawasan euro berada di level 51.9 poin, meningkat dari level di bulan sebelumnya yang ada di 51.8 poin. PMI sektor jasa mengalami kenaikan ke level 54.4 poin dari level bulan sebelumnya di 52.8 poin.
Pada perdagangan hari ini nilai tukar euro berada pada posisi 1.3480 dollar AS. Euro mengalami kenaikan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di level 1.3464 dollar. Hari ini euro sudah sempat mengalami pergerakan melemah ke level 1.3438 dollar yang merupakan posisi paling rendah sejak bulan November lalu.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar euro terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami peningkatan lanjutan akibat rebound teknikal. Mata uang ini berpotensi untuk bergerak pada kisaran 1.3430 – 1.3530 dollar.

0 komentar:

Posting Komentar