Jumat, 30 Mei 2014

Posisi Pasar Jika ECB Mengambil Langkah Tingkat Bunga Negatif

Pandangan pasar yang ada saat ini kelihatannya adalah bahwa ECB akan memangkas tingkat bunga deposit dan refi utama dan akan mengeluarkan langkah-langkah likuiditas tambahan minggu depan, menurut catatan CitiFX, sebagaimana di kutip oleh eFXnews.
“Pandangan ini juga banyak yang sudah diakomodir didalam harga sekarang, dengan diberikannya empat gambaran besar penjualan EURUSD dan turunnya tingkat bunga pasar di dalam pasar matauang euro minggu belakangan ini. Kesimpulan ini dikonfirmasi oleh ahli pengukur posisi yang mengatakan bahwa investor sekarang sedang menjual EUR habis-habisan”. Citi menambahkan.
“ Kami akan mempertanyakan apakah potensi negatif dari pengenalan tingkat bunga negatif akan memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap EUR dibandingkan dengan yang sekarang diantisipasi pasar,” kata Citi.   
Posisi apakah yang mau dilakukan?
“Secara khusus, jual EUR terhadap matauang lainnya yang memberikan imbal hasil yang lebih tinggi oleh bank-bank Eropa yang memegang kelebihan kas yang bisa menjadi jalan dari resistant yang  paling tidak berfungsi,” jawab Citi.
Citi memberikan dua alasan dibalik pandangan ini:
  1. Meminjamkan uang kas ke bank-bank lain di Zonaeuro bisa dihambat oleh kompensasi yang tidak mencukupi bagi resiko counterparty.
  2. Membeli obligasi peripheral bisa menjadi yang kurang menarik menuju test bank stress yang bisa mempenalti eksposur yang berlebihan dari hutang pemerintah.

0 komentar:

Posting Komentar