Selasa, 20 Mei 2014

Outlook Kalender Forex Minggu Ini

Minggu lalu, angka-angka utama AS muncul diatas perkiraan pasar. Inflasi tahunan mencapai 2%, sebagaimana diperkirakan dan bulanan CPI naik menjadi 3%. Sementara, inflasi “core” tahunan mengatasi perkiraan dengan angka 1.8%. Terlebih lagi, penurunan tajam di angka klaim pengangguran mencapai terendah dalam 7 tahun di 297.000, meneguhkan kekuatan pasar tenaga kerja AS. Semua tanda-tanda positip ini mensupport rencana tapering the Fed, menunjukkan ekonomi AS sedang semakin kuat dan tidak lagi memerlukan QE. Apakah data perumahan AS juga akan berubah lebih baik minggu ini?
Keputusan tingkat bunga Jepang, data inflasi di Inggris dan Kanada, notulen meeting FOMC, klaim pengangguran, Ifo iklim bisnis Jerman, dan data perumahan adalah events utama dalam daftar. Berikut ini adalah outlook dari penggerak pasar (market-mover) utama minggu ini.  
  1. Data inflasi Inggris: Selasa, 8:30. Inflasi Inggris dibulan Maret tetap dibawah target inflasi BOE sebesar 2%. Sekarang diperkirakan akan meningkat menjadi 1.7%.
  2. Keputusan Tingkat Bunga Jepang: Rabu, Gubernur Haruhiko Kuroda mempertahankan kebijakan moneternya dibulan April, menyatakan keyakinan bahwa ekonomi mengalami kemajuan sesuai dengan neraca. Kali ini diperkirakan juga tidak akan ada perubahan.
  3. Notulen Meeting FOMC AS: Rabu, 18:00. Notulen FOMC yang dirilis dibulan April menunjukkan niat the Fed untuk mempertahankan kebijakan moneter longgar untuk tahun-tahun yang akan datang. FOMC memperkirakan ekonomi akan membaik.
  4. Data GDP Inggris: Kamis, 8:30. Pertumbuhan GDP dikuartal kedua diperkirakan akan mencapai 0.8%.
  5. Klaim Pengangguran AS: Kamis, 12:30. Penurunan tajam di angka klaim pengangguran mencapai terendah dalam 7 tahun di 297.000, meneguhkan kekuatan pasar tenaga kerja AS. Sekarang klaim pengangguran diperkirakan akan naik menjadi 312.000.
  6. Existing Home Sales AS: Kamis, 12:30. Existing Home Sales AS dibulan Maret adalah sebesar 4.59 juta, sekarang diperkirakan akan naik menjadi 4.71 juta.  
  7. Ifo Business Climate Jerman: Jumat, 8:00. Iklim bisnis Jerman diperkirakan mencapai 111, turun dari bulan Maret sebesar 111.2.
  8. New Home Sales AS: Jumat, 14:00. New home sales AS diperkirakan mencapai 426.000 naik dari bulan Maret di level terendah selama 8 bulan di 384.000.
Ferli/ Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research

0 komentar:

Posting Komentar