Rabu, 21 Mei 2014

Kenaikan Yen Makin Terjaga; BOJ Tidak Ubah Kebijakan

Mata uang yen Jepang makin memperkokoh pergerakan menguatnya terhadap dollar AS pada perdagangan pagi ini (21/5). Yen tampak menguat setelah Bank of Japan mengumumkan kebijakan moneternya. Yen tampak masih berpotensi untuk kembali menguat hingga mencapai level tertinggi dalam tiga bulan belakangan.
Kenaikan yen terhadap dollar diawali oleh rilis data neraca perdagangan Jepang pagi tadi. Data neraca perdagangan di bulan April yang rilis sebelum pasar buka menunjukkan terjadinya defisit sebesar 7.98 miliar dollar, jauh lebih besar dari ekspektasi. Meskipun demikian ekspor mengalami kenaikan yang cukup signifikan sebesar 5.1 persen.
Haruhiko Kuroda mengatakan bahwa Bank of Japan akan mempertahankan besaran stimulus yang ada saat ini. Pasar masih mengharapkan sinyal bank sentral akan melakukan langkah kebijakan untuk menghadang dampak perlambatan akibat kenaikan pajak penjualan bulan April lalu.
Hari ini yen Jepang berada di level 101.20 per dollar. Mata uang ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di level 101.32 per dollar.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar yen terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami pelemahan lanjutan, meskipun terbatas. Untuk hari ini nilai tukar yen terhadap dollar AS berpotensi mengalami pergerakan pada kisaran 101.00 – 101.60.

0 komentar:

Posting Komentar