Senin, 11 Maret 2013

Yen Kembali Coba Sentuh Level Terendah dalam 3.5 Tahun


(Vibiznews – FX) – Pada perdagangan Senin pagi ini mata uang yen Jepang masih berada dalam trend melemah yang signifikan (11/03). Yen tampak berusaha untuk kembali mencapai posisi paling tinggi dalam 3.5 tahun belakangan yang dicapainya pada perdagangan Jumat lalu.
Kandidat Gubernur BoJ Haruhiko Kuroda memberikan sinyal kesiapan untuk melakukan kebijakan ekspansi moneter dalam bentuk stimulus dari bank sentral jika ia terpilih menjadi pengganti Masaaki Shirakawa.
Meskipun Kuroda mengakui bahwa pelemahan yen ini tidak akan berlangsung selamanya jika hanya didorong oleh kebijakan ekspansi moneter, akan tetapi ia menegaskan bahwa ekspansi moneter sangat dibutuhkan untuk mendorong ekonomi Jepang menggapai target inflasi sebesar 2%. Komentarnya tersebut juga merupakan penegas bahwa bank sentral Jepang tidak menggunakan alasan ekspansi moneter ini sebagai amunisi untuk melakukan perang mata uang global.
Pagi hari ini yen Jepang tampak berada pada posisi 96.15 per dolar AS. Yen mengalami penurunan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan Sabtu dini hari lalu yang ada di level 96.03 per dolar AS. Pada sesi perdagangan terakhir pekan lalu yen sempat mengalami penurunan ke level 96.54 per dolar, posisi paling rendah yang belum pernah terlihat sejak tanggal 11 Agustus 2009 lalu.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan yen Jepang pada perdagangan hari ini akan cenderung masih bisa melemah. Yen berpotensi untuk mengetes level 96.55 per dolar dan mencetak level 3.5 tahun tertinggi yang baru.
(Ika Akbarwati/vbn)

0 komentar:

Posting Komentar