Jumat, 15 Agustus 2014

Poundsterling, Seberapa Jauh Bisa Turun?

Nada yang lunak yang diberikan oleh gubernur Bank of England Mr. Carney pada saat berbicara kepada media mengenai laporan inflasi kuartalan dari BoE tidak di sangka-sangka oleh pasar.
Walaupun kepala BoE ini menyebutkan kendurnya ekonomi diperkirakan hanya 1% dari keseluruhan GDP, pemotongan terhadap perkiraan dari pertumbuhan upah yang hanya naik sebesar 1.25% di 2014 (dari semula diproyeksikan 2.5%), memberikan ilustrasi kemunduran dalam pasar tenaga kerja sekarang ini akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk diabsorsi dari pada yang telah diantisipasikan oleh bank sentral.
Assessment dari pertumbuhan upah yang rendah berasal dari angka employment di bulan Juni, yang meskipun ada kejatuhan dalam tingkat pengangguran menjadi 6.4%, masih akan mengalami pertumbuhan upah terkontraksi 0.2% sebulan.
Dengan Carney dan BoE memberikan signal suatu pendekatan yang lebih berhati-hati terhadap kebijakan moneter dibandingkan dengan beberapa bulan yang lalu, traders dan investor telah mengurangi ekspektasi bahwa kenaikan tingkat bunga sudah dekat, dengan Gilt 10 tahun meluncur turun menjadi 2.46% dan GBPUSD terjerembab ke kerendahan di 1.67 setelah penurunan 0.5%, level terendah dari pasangan matauang ini sejak awal Juni 2014.
Citi memperkirakan support dalam jangka pendek akan berada pada 1.6693, di kerendahan bulan Mei, dan segera sesudah itu ke 1.6661 menurut moving average 200 hari.
Turun lebih bawah lagi GBPUSD bisa bergerak lebih jauh menuju support awal jangka panjang di 1.6450 dan lebih dari itu akan berada disekitar 1.63, demikian diproyeksikan oleh Citi.
SocGen mengukur target jangka panjang untuk GBP/USD ditengah aksi jual yang agresif ini dengan memakai korelasi antara spread rate UK/US dan rate GBP/USD.  
“Dari sini, kami memperkirakan penurunan lebih lanjut secara pelan-pelan untuk beberapa bulan yang akan datang, sementara itu dalam pandangan jangka yang lebih panjang, kami memperkirakan GBP/USD menuju ke range 1.50- 1.70,’ kata SocGen memperkirakan. “Sejalan dengan pandangan ini, SocGen sekarang memperkirakan GBP/USD akan bisa turun sampai 1.4837 di dalam jangka waktu 3 tahun kedepan.”

0 komentar:

Posting Komentar