Jumat, 17 Januari 2014

Pelemahan Yen Tertahan oleh Komentar Menkeu AS, Momentum Menguat Dollar

Pada perdagangan hari ini nilai tukar yen Jepang tampak kembali tertahan pelemahannya terhadap dollar (17/01). Kemarin yen Jepang sempat melemah ke posisi paling rendah dalam nyaris satu minggu, tetapi harus bergerak rebound menanggapi komentar dari Menteri Keuangan Amerika Serikat.
Jacob J. Lew mengatakan bahwa Jepang tidak bisa bergantung kepada nilai tukar untuk mengangkat kondisi ekonominya. Pernyataan Lew tersebut merupakan isyarat bahwa pemerintah dan bank sentral Jepang harus menghentikan usaha mereka untuk melemahkan yen.
Sementara itu Fed yang diperkirakan akan terus melakukan tapering juga memberikan momentum menguat terhadap dollar AS. Rilis data klaim pengangguran dan aktivitas sektor manufaktur tadi malam menunjukkan bahwa ekonomi di AS sudah membaik.
Hari ini nilai tukar yen terpantau berada pada posisi 104.34 per dollar. Posisi yen tersebut mengalami kondisi yang stagnan dari penutupan perdagangan dini hari tadi. Pagi tadi yen sudah sempat mengalami peningkatan ke posisi 104.19 per dollar. Kemarin yen melemah hingga ke level 104.92 per dollar, terendah sejak tanggal 10 Januari.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa hari ini nilai tukar yen terhadap dollar AS akan melanjutkan penurunan meskipun terbatas. Untuk hari ini nilai tukar mata uang tersebut diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 104.00 – 104.70 per dollar AS.
(ia/JA/vbn)

0 komentar:

Posting Komentar