Kamis, 09 Januari 2014

Euro Bergerak Terbatas Tunggu Keputusan Suku Bunga ECB

Pada perdagangan hari ini nilai tukar euro kembali mengalami pelemahan terhadap dollar AS (09/01). Posisi dollar sendiri masih berada dalam pola menguat terhadap sebagian besar rivalnya hari ini. Sinyal membaiknya data dari sektor tenaga kerja Amerika Serikat mendukung ekspektasi bahwa ekonomi di negara tersebut akan cukup kuat untuk menahan kebijakan Fed menarik seluruh stimulusnya tahun ini. Data klaim pengangguran nanti malam diperkirakan akan mengalami penurunan.
Tadi malam Fed merilis catatan rapatnya yang berlangsung pada tanggal 17 – 18 Desember 2013 yang lalu. Dalam rapat tersebut bank sentral memutuskan untuk mulai mengurangi program pembelian obligasi bulanannya dari 85 miliar dollar menjadi 75 miliar dollar per bulan.
Rilis catatan rapat juga menunjukkan bahwa Fed melihat adanya risiko stabilitas keuangan di masa depan apabila program stimulus tidak dikurangi. Hal ini memicu aksi jual di pasar emas karena investor memandang hal tersebut sebagai sebuah sinyal bahwa tahun ini stimulus akan sama sekali dihapuskan.
Para pelaku pasar memang tidak terlalu banyak bergerak sebab mereka masih menantikan keputusan penetapan suku bunga acuan dan komentar dari Presiden ECB Mario Draghi. Nanti malam dijadwalkan Draghi akan mengumumkan suku bunga acuan di kawasan euro. Diperkirakan suku bunga acuan masih akan dipertahankan di level 0.25 persen.
Hari ini euro sempat melemah lagi ke posisi 1.3567 dollar. Akan tetapi siang ini euro tampak tertarik rebound dan berada pada posisi 1.3579 dollar saat berita ini ditulis. Pada penutupan perdagangan dini hari tadi euro berada pada posisi 1.3576 dollar.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar euro terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung masih melanjutkan penurunan meskipun akan terbatas. Untuk hari ini mata uang tersebut diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1.3520 – 1.3620 dollar.
(ia/JA/vbn)

0 komentar:

Posting Komentar