Senin, 28 April 2014

Yen Jepang Menguat Di Tengah Meningkatnya Krisis Di Ukraina

Nilai tukar mata uang yen Jepang terpantau kembali mengalami kenaikan terhadap dollar AS (28/4). Yen melanjutkan kenaikannya terhadap 16 mata uang rivalnya, termasuk dollar AS seiring dengan memburuknya kondisi krisis geopolitik di Ukraina. Di tengah kondisi yang tidak menentu tersebut peranan yen sebagai mata uang safe haven kembali meningkat.
Akhir pekan lalu beberapa aktivis pro-Rusia menyandera delapan inspektur militer Eropa di sebuah kawasan di Ukraina Timur. Ketegangan di Ukraina makin memuncak dan Amerika Serikat serta Uni Eropa kembali mengecam lingkaran dekat Presiden Rusia Vladimir Putin atas aksi penyanderaan tersebut. Kemungkinan sanksi yang lebih keras terhadap Rusia membuat sentiment di bursa saham Asia melemah.
Hari ini mata uang yen terpantau berada pada posisi 102.12 per dollar AS. Posisi yen tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan penutupan perdagangannya akhir pekan lalu yang berada di level 102.14 per dollar. Pagi ini yen sempat mengalami kenaikan hingga ke level 102.05 per dollar.
Pergerakan yen masih terhitung terbatas hari ini jelang penetapan kebijakan moneter oleh BoJ dan Fed. Bank of Japan akan mengumumkan kebijakan moneternya pada hari Rabu mendatang.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan mata uang yen Jepang pada sesi perdagangan hari ini akan cenderung mengalami kenaikan lanjutan meskipun terbatas. Untuk perdagangan hari ini mata uang tersebut akan mengalami pergerakan pada kisaran 101.80 – 102.40 per dollar.

0 komentar:

Posting Komentar