Kamis, 04 April 2013

Penguatan Yen Tekan Harga Karet


Setelah kemarin sempat mengalami kenaikan, harga karet kembali menunjukan penurunan. Melemahnya harga karet disebabkan oleh adanya imbas dari kenaikan performa nilai tukar yen terhadap dollar AS akibat kebijakan Bank of Japan yang hari ini akan menerapkan kebijakan melawan deflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Alhasil dengan melemahnya nilai tukar yen terhadap dollar membuat saham-saham eksportir di bursa saham Jepang kembali mengalami penurunan. Saham-saham eksportir tersebut terdiri dari saham-saham emiten sektor otomotif dan juga elektronik yang merupakan konsumen karet.

Harga karet berjangka mengalami penurunan sebesar 3,5% menjadi 252,5 yen per kilogram atau 2716 dollar per metrik ton di Tokyo Commodity Exchange.

Menurut analisa dari Divisi Vibiz Research di Vibiz Consulting, pergerakan harga karet akan masih mengalami penurunan hari ini. Hal tersebut didasari oleh pengaruh sektor fundamental yang diperoleh dari data-data ekonomi AS yang akan dirilis malam ini seperti data klaim pengangguran dan testimoni Gubernur Fed, Ben Bernanke.

0 komentar:

Posting Komentar